Cara Mencegah dan Mengobati Kusta di Indonesia

 

Suara Untuk kusta

Halo sobatqu, Jaman sekarang kita harus lebih peka dalam kesehatan fisik dalam ataupun luar badan. Banyak penyakit seiring berganti tidak bisa diprediksi. Maka dari itu kita harus memahami apa sih yang kita butuhkan dalam mengatasi dan mencegahnya. Salah satunya penyakit Kusta atau lepra.

Kusta sendiri adalah Penyakit gampang menular melalui bakteri yang menyerang jaringan kulit, saraf tepi. serta saluran penapasan. Kusta atau lepra dikena sebagai penyakit Hansen atau Morbus Hansen. Jadi kita harus memahami tanda awal yang segera kita rasa seperti rasa lemah atau mati rasa di tunkai dan kaki. Awal mula infeksi dari bercak kulit dan mati rasa dan penyebaran syaraf sikut.

Nah pada Rabu, 14 April 2021 saya mengikuti acara bertemakan “Media yang Mengedukasi dan Memberantas Stigma Kusta dan Disabilitas” dengan narasumber yang berkompeten diantaranya Ibu Citra Dyah Prastutis sebagai Pemimpin Redaksi KBR, Ibu dr Christina Widaningrum, Mkes, Technical Advisor Program Leprosy Control, NLR Indonesia, Bapak Sasmito Madrim Ketua Umum Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Bapak Lutfi Anandika Jurnalis Majalah Diffa, Bapak Asken Sinaga Direktur NLR Indonesia.

Suara Untuk Kusta

Acara yang berlangsung Jam Pukul 11.00 – 12. 30 WIB yang banyak dibahas dan cara mengatasi dan solusi penyakit Kusta dan Dishabilitas. Peran media dalam kontribusi dalam penyebarluaskan informasi yang benar tentang kusta dan konsekuensinya. Karena banyak salah presepsi negatif penyebaran dalam masyarakat umum.

Penyakit kusta yang tidak diobati bisa menyebabkan dishabilitas mempengaruhi syaraf di dalam tubuh. Dishabilitas yang kata digunakan untuk menggantikan istilah penyandang cacat yang sudah lebih dahulu hadir dalam konteks yang lebih halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang tidak bosa menjalani aktivitas sebagaimana orang sehat dan normal. Pasalnya, penyandang cacat disinyalir terdengar lebih kasar dan cenderung terasa merendahkan pengidapnya.

Pemerintah untuk menyediakan transpotasi umum khusus untuk  dishabilitas, yang dimana masih sangat perlu diperhatikan dan diperbanyak di Trans Jakarta, Kereta, MRT, LRT dan Transpotasi lainnya. Program tersebut untuk bisa saling membantu kesejahteraan dishabilitas dalam akses transpotasi.

Kita sebagai masyarakat yang cerdas bisa pemberantas stigma dan diskriminasi terhadap kusta (stigma dari masyarakat), serta dalam penemuan kusta sejak dini harus diperhatikan lebih lanjut untuk pengobatan jangka panjang. kamu bisa mendapatkan obat tersebut secara gratis di pukesmas terdekat.

Berita KBR 

Ruang Publik Berita KBR yang diselenggarakan di Youtube bertema “Melihat Potret Kusta di Indonesia” Senin, 19 April 2021 Pukul 09.00 – 10.00 WIB. Bersama Bapak dr. Udeng Daman Technical Advisor Program Pengendalian Kusta NLR Indonesia dan Ibu Monica Sinta Team Leader CSR PT United Tractors.

Acara tersebut mengenal lebih jelas tentang kusta untuk mencegah dan mengobati kusta di Indonesia. Karena kusta itu bisa diobati dan bisa sembuh dalam jangka 6 – 12 Bulan. Penyakit kusta mempunyai 2 tipe yaitu kusta basah (MB) dan kering (PD). Untuk pengobatan tipe kering (PD) 6 Bulan,  untuk kusta basah (MB) 12 bulan bisa dinyatakan sembuh total dari kusta.


Ruang Publik KBR

Kusta bisa terpapar dari interaksi bisa rentan seperti anak-anak yang terkena kusta dan bisa menular dari lingkungan. Jadi tidak untuk yang sudah dewasa anakpun bisa terkena kusta. Untuk yang sudah kena kusta bisa sendikit untuk terkena kembali dan jarang terjadi.

Dishabilitas berhak untuk bisa bekerja sama hal yang dengan normal, perusahaan 1% bisa menjadikan peluang dan gagasan untuk bisa berkembang dan maju dalam wawasan baru dalam lingkungan kerja yang sangat baik. Misi NLR Indonesia sendiri ingin Zero kusta di Indonesia.

Jumlah kasus baru kusta di Indonesia sudah mencapai 10% dari jumlah penduduk di Indonesia yang 7 Provinsi yaitu Papua barat, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Papua, Gorontalo. provinsi tersebut  mencapai 1% terpapar kusta. Jadi ayo lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kusta bisa disembuhkan untuk bisa selalu memperhatikan gejala kusta sejak dini.