Selasa, 22 Agustus 2017

5 Tempat Menarik Untuk Wisata Religi di ASEAN

Tempat Wisata 


Negara-negara di Asia Tenggara atau ASEAN bukan hanya terkenal dengan keunikan budaya dan keindahan pemandangannya saja. Di belahan ASEAN yang satu ini juga terdapat banyak tempat wisata religi yang menawan. Kalau di Indonesia, kamu bisa melihat masjid agung yang megah di berbagai daerah, kuil Buddha yang tersebar di beberapa provinsi, candi umat Hindu yang banyak ditemukan di Bali, gereja-gereja tua yang menawan dan artisik di banyak kota, sampai Klenteng yang kental dengan arsitektur bernuansa Tiongkok.

Jadi kalau kamu ingin menjelajahi negara ASEAN selain Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata religi yang ada di negara-negara Asia Tenggara. Berikut daftar 5 tempat wisata Religi di ASEN yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Thailand
Di Negeri Gajah Putih ini, seluruh warga negara diperbolehkan untuk memilih agama apapun. Tapi, agama Buddha adalah yang paling banyak dipeluk oleh masyarakat Thailand. Diperkirakan, jumlah pemeluk agama Budha di Thailand mencapai lebih dari 90 persen. Maka dari itu, di sini banyak tempat wisata religi dengan nuansa Buddha yang kental. Antara lain Wat Phra Kaew atau Wat Phra Sri Rattana Satsadaram atau Temple of Emerald Budha. Di dalam kuil ini, terdapat citra sang Budha yang diukir dari giok dengan sangat detil. Kuil yang satu ini merupakan yang paling penting bagi umat Buddha di Thailand. Letaknya berada di sekitar komplek Grand Palace, Bangkok.

Brunei Darussalam
Di negara yang langsung bertetangga dengan Indonesia ini, terdapat sebuah mesjid yang dianggap sebagai yang paling megah di Asia Pasifik. Namanya Masjid Sultan Omar Ali Saefuddin yang terletak di Bandar Seri Begawan. Keindahan mesjid ini terletak dari arsitekturnya yang diadopsi dari gaya Itali dan Mughal. Di atas bangunannya, terdapat kubah yang tebuat dari emas. Material-material yang digunakan untuk membangun masjid ini pun banyak diimpor dari luar negeri seperti marmer dari Italia, granit dari Shanghai, dari lampu kristal Inggris, sampai Kapet dari Arab Saudi. Kemegahannya semakin terasa karena masjid ini dibangun di atas sebuah laguna atau kolam buatan dan berada di tepi sungai Brunei.

Masjid ini pun menjadi ikon wisata religi di negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam itu. Masjid ini juga menjadi simbol kejayaan Islam Modern. Pembangunan masjid yang megah ini diisiasi oleh Sulltan Haji Omar Ali Saefuddin Sa’adul Khairi Waddien. Proses pembangunannya berlangsung selama 4 tahun sejak tahun 1950 dan diresmikan pada tahun 1958.

Kamboja
Di Kamboja, terdapat sebuah komplek Candi Hindu bernama Angkor Wat yang sudah berdiri sejak pertengahan abad ke 12 pada era Raja Suryawarman II. Sepintas, komplek Candi ini terlihat mirip dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan di Jawa. Banyak yang meyakini kemiripan candi ini karena terdapat suatu hubungan baik antara Kamboja dan Jawa di masa lalu.

Pemandangan di kuil ini sangat epic, kamu akan menemukan berbagai arca dan relief yang keindahannya sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Bahkan, banyak pemandu wisata yang bilang kalau semua orang yang pertama kali melihat keindahan Angkor Wat akan langsung terpukau.

Myanmar
Tempat wisata religi terbaik dan paling mengagumkan di Myanmar adalah Kota Tua Bagan. DI sini, terdapat ribuan Candi, Kuil, dan Pagoda tua yang jadi tempat ibadah paling penting bagi masyarakat setempat pada masanya. Kota tua yang diperkirakan berdiri pada abad ke 10 ini merupakan warisan dari  kerajaan Pagan yang menjadi asal-usul suku Burma yang menempati Myanmar.

Kota tua yang satu ini bukan cuma sekedar memiliki nilai sejarah dan religi saja, pemandangannya pun sangat indah. Tempat-tempat peribadatan yang menjulang tinggi ke atas, berpadu dengan vegetasi rindang yang tumbuh disekitarnya.

Laos
Di negara yang beribukota Vientiane ini terdapat sebuah Candi Budhha yang megah dan berlapis emas. Konon, candi ini sudah didirikan pada masa abad ke 3. Candi ini pernah beberapa kali mengalami renovasi. Bahkan, ada yang bilang kalau candi yang menawan ini pernah dibangun kembali pada abad ke 13. Di masa sekarang, candi bukan hanya berfungsi sebagai bangunan bersejarah umat Budhha saja, tapi sudah menjadi landmark negara laos dan salah satu ikon pariwisata di sana.

Kalau kamu merasa penasaran bagaimana keindahan yang ditawarkan kelima tempat ibadah tersebut, buruan cek harga tiket pesawat terbaru dari sekarang dan segera buat jadwal liburan ke negara-nagera ASEAN di atas. Tapi saat berada di tempat wisata religi tersebut, jangan lupa untuk menghormati aturan dan nilai-nilai keagamaan yang berlaku di sana.


Untuk mendapat penerbangan ke negara-negara ASEAN dengan harga yang lebih murah, kamu bisa beli tiket pesawat di reservasi.com. Ada banyak maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih dengan penawaran harga terbaik.


EmoticonEmoticon